Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sejarah

Pengertian Sejarah

Secara Etimologi, kata sejarah berasal dari bahasa arab yaitu syajarah (syajaratun) yang artinya pohon. Di Indonesia sejarah dapat berarti silsilah, asal-usul, riwayat dan jika dibuat skema menyerupai pohon lengkap dengan cabang ranting, dan daun. Di dalam kata sejarah tersimpan makna pertumbuhan atau silsilah.
Pada masa sekarang ini, untuk kepentingan tertentu kita memerlukan keterangan riwayat hidup. Kata riwayat kurang lebih beratrti laporan atau cerita tentang kejadian. Sedangkan kata hikayat (yang dekat dengan kata sejarah), artinya cerita tentang kehidupan, yaitu yang menjadikan manusai sebagai objeknya, disebut juga biografi (bios atau hidup). Jadi, cerita yang berkisar mengenai kehidupan penulis yang ditulis oleh diri sendiri atau pelakunya sendiri disebut autobiografi.
Dalam bahasa Arab kata "kisah" yang umumnya menunjuk ke masa lampau atau masa lalu, justru lebih mengandung cerita yang benar-benar terjadi pada masal lampau atau lalu, yaitu sejarah.
Untuk penggunaan kata sejarah, setiap negara memiliki asal-usul dengan kata sejarah ini. Ada beberapa negara dengan penggunaan kata yang berbeda namun dengan maksud yang sama, diantaranya :
1. Dalam Bahasa Arab, perkataan Sejarah yaitu "Syajarah" yang berarti Pohon. Untuk penggunaan didalam bahasa Arab hampir sama dengan kata di Indonesia, yaitu Sejarah
2. Dalam Bahasa Inggris, perkataan Sejarah yaitu "History" yang berarti Cerita
3. Dalam Bahasa Yunain, perktaan Sejarah yaitu "Historia" yang beratri apa yang diketahui dari hasil peneyelidikan