Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips mengurangi bounce rate

Tips mengurangi bounce rate

Tips menngurangi Bounce rate ??
Sebelum ke Inti nya, yaitu tips untuk mengurangi bounce rate, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan bounce rate, supaya tahu tujuan nya. Bounce rate, yaitu rata-rata angka persentase antara tingkat kunjungan dengan page views posting blog. Artinya rasio antara jumlah kunjungan dibagi bukaan halaman dalam jangka waktu tertentu. Mengapa dalam jangka waktu tertentu? Karena ini ada hubungannya dengan sistem  pagerank yang biasanya update 3 bulan sekali.
Sebagai contoh; Kunjungan atau visitor 50 perhari pageviews 75, rumus menghitungnya adalah 50/75 = 66,66%. Jadi bounce ratenya adalah 66,66%. Manakah yang lebih bagus bounce rate tinggi atau rendah? Jelas bagus yang rendah. Coba hitung lagi misalnya jika pageviews ditambah menjadi 200 = 25%. Apakah arti dari angka-angka tadi? Pengunjung 50 orang dengan bukaan halaman hanya 75 berarti seorang pengunjung membuka tidak lebih dari 2 artikel. Sedangkan pengunjung 50 dengan pageviews 200 berarti rata-rata 1 pengunjung membuka 4 artikel. (pengertian di kutip dari : "http://www.super-gaptek.com/2012/05/bounce-rate-definisi-pengaruh-dan-cara.html")

Nah bagi anda yang sudah mengerti apa yang dimaksud dengan bounce rate, langsung saja ke tips bagaimana cara untuk mengurangi bounce rate, berdasarkan ilmu yang telah saya peroleh (meskipun saya belum paham sekali mengenai bounce rate), tapi saya akan membagi sedikit tips kepada anda. Tips nya yaitu :
1. Gunakan template yang design nya menarik.
Penggunaan template blog yang design nya menarik dapat membuat pengunjung blog kita menjadi suka berlama-lama di blog kita, dengan alasan karena desgin nya menarik dan enak di lihat. Meskipun artikel nya kurang berkualitas (Seperti blog ini), tapi dengan ada nya design template yang menarik dapat membuat pengunjung betah di sebuah blog. Dan pasti nya semua orang yang mempunyai account blogger, ingin tampilan blogger nya, semenarik mungkin. Dan saya kasih sedikit contoh website atau pun blog yang tampilan nya menarik, (menurut saya) :
1. Dickeymaru, alamat nya : http://www.dickeymaru.com      
2. Djogz, alamat nya : http://www.djogzs.blogspot.com

Hanya saja sangat susah juga belajar design (menurut saya), dan kalau tampilan blog ini masih Simple (Bahkan terlau Simple).

2. Pasang navigasi di blog anda, seperti navigasi breadcrumbs
Memasang navigasi breadcrumbs di blog, dapat memudahkan pengunjung untuk menjelajahi blog anda. Ada juga yang mengatakan kalau memasang navigasi breadcrumbs di blog dapat meningkatkan SEO-On Page blog anda, dan akan berpengaruh kepada SERP blog anda.

3. Pasang widget Popular Posts, Recent Posts, dan widget Archive
Memasang widget Popular Posts, Recent Posts, dan widget Archive, dapat mengurangi angka bounce rate, meskipun tidak terlalu besar juga dampak nya. Meskipun di antara ke tiga widget tersebut ada yang menyebabkan blog menjadi berat, yaitu widget Archive. Kalau blog ini hanya memasang widget Popular Posts.

4. Pasang daftar isi di blog
Memasang daftar isi di blog dapat meningkatkan bounce rate di blog. Selain itu dapat memudahkan robot dalam merayapi blog kita. Bagi anda yang ingin memasang bounce rate, bisa di baca disini

5. Optimasi kan kecepatan blog
Saya sarankan untuk meng-optimasi kecepatan blog. Karena ada juga pengunjung yang kurang suka dengan berat nya suatu blog atau website. Saya sarankan untuk tidak memasang widget yang kurang penting di blog. Atau pun menghapus java script yang kurang di perlukan, dan meng-compress CSS di blog.

6. Pasang Artikel terkait di blog
Dengan memasang artikel terkait di blog, dapat mengurangi angka bounce rate di blog.

7. Jangan terlalu banyak menggunakan Ads (Iklan)
Untuk nomor 7, hampir sama dengan yang nomor 5