Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat flashdisk kebal terhadap virus autorun.inf

Cara membuat flashdisk kebal terhadap virus autorun.inf

Cara membuat flashdisk kebal terhadap virus autorun.inf
Ada dua cara membuat flashdisk kebal terhadap virus :
  • Yang pertama dengan menggunakan software, seperti :
1. Usb Bitdefender
BitDefender USB Immunizer adalah alat sederhana yang dapat mengurangi kemungkinan flash drive USB anda terinfeksi oleh malware berbasis autorun.
Dalam keadaan normal ini bisa terjadi sangat mudah.Yang perlu Anda lakukan adalah plug drive anda ke PC yang terinfeksi, dan malware akan menyalin dirinya ke perangkat, menambahkan sebuah file autorun.inf custom. Bila Anda tersambung drive ke sistem di mana autorun diaktifkan, malware akan diluncurkan, dan PC yang akan terinfeksi juga.

Gunakan USB BitDefender Immunizer, dan program akan membuat folder Autorun.inf pada PC Anda, yang pada gilirannya berisi sejumlah file lainnya. Jika malware mencoba untuk membuat file Autorun.inf pada drive, maka operasi akan gagal (Anda tidak dapat memiliki sebuah file Autorun.inf  jika sudah ada folder dengan nama yang sama). Ini tidak menawarkan jaminan keselamatan lengkap, sebagai malware bisa menghapus folder tersebut, tetapi kebanyakan bahkan tidak akan berusaha untuk melakukan ini dan sehingga Immunizer tidak menawarkan perlindungan yang lumyan berguna. tetapi paling tidak ini meminimalizir penyebaran, hampir mirip dengan smadav

2. Smad-lock buatan SMADAV
Salah satu fasilitas yang disediakan anti virus smadav yaitu fasilitas Smad-Lock. Dengan Smad Lock ini Maka hampir tidak mungkin virus dapat menembus dan menginfeksi Flash Disk dan file yang ada pada flash disk kita.
Kenapa demikian ? Smadav Smad-Lock akan membuat folder Δ Smad-Lock Δ dan folder autorun.inf yang terproteksi kuat pada flash disk kita. Dengan demikian virus tidak akan mampu masuk dan tidak mampu membuat file auto run untuk menggantikan atau mereplace file auto run yang dibuat oleh Smadav Smad-Lock ini.
Berikut ini langkah untuk mengaktifkan Smadav Smad Lock :

1. Download anti virus SMADAV di web resmi SMADAV, yaitu www.smadav.net
2. Jalankan anti virus SMADAV
3. Pilih Tidak bila ada tidak ingin menjalankan fasilitas real time protection
4. Klik menu tool dan pilih menu Smad Lock
5. Pada daftar drive nya pilih dan beri tanda flash disk anda kemudian klik menu Lock

Setelah menjalankan hal ini maka otomatis pada Flash disk akan ada folder dengan nama Δ Smad-Lock Δ dan file auto run.inf (hidden folder file).

Tips penting agar Flash Disk dan Komputer terhindar dari virus :
1. Simpanlah semua file anda pada folder Δ Smad-Lock Δ. Dan jangan merename atau menghapus folder Δ Smad-Lock Δ dan file autorun.inf (Hidden yang bergambar gembok) yang ada pada flash disk anda tersebut
2. Bila anda akan membuka atau menjalankan file pada flash disk anda terlebih dulu anda keluarkan file anda dari folder Δ Smad-Lock Δ, karena file tidak bisa dijalankan selama ada di dalam folder Δ Smad-Lock Δ.
3. Matikan menu auto Run pada komputer anda. Cara ini untuk menghindarkan computer kita dari virus yang yang mengunakan metode auto run

Mematikan Auto run Pada computer :
Masuk menu Run >>> ketik gpedit.msc >>> enter >> Klik menu computer configuration >>> Administratif template >>> System >>> Doble klik pada Turn Off Autoplay >>> Pilih enable dan turn off auto play on : all drive >>> apply >> OK
Klik menu User configuration >>> Administratif template >>> System >>> Doble klik pada Turn Off Autoplay >>> Pilih enable dan turn off auto play on : all drive >>> apply >> OK

3. Panda USB Vaccine
Program ini bisa bekerja secara otomatis saat Anda mulai menancapkan flash disc (tergantung pengaturan yang Anda minta). Kelebihan program ini adalah saat autoplay pada Windows Anda sedang aktif, virus, spyware, dan malware yang ada di flash disc Anda tidak akan langsung tertular pada computer Anda. Melainkan di “karantina” oleh Panda USB Vaccine. Ingat! Program ini hanya bisa membantu Anda selama Anda belum membuka flash disc. Jadi, Anda tetap harus menscan flash disc Anda sebelum membukanya. Namun, tetap saja program ini sangat berguna karena spyware seperti type adware biasanya bisa langsung berjalan meskipun Anda belum membuka Flash Disc. Dengan program ini Adware tersebut bisa dicegah untuk masuk ke computer kita.
Namanya saja USB vaccine. Program ini hanya bisa melindungi computer via USB saja. Sejauh ini belum ada vaccine untuk Compact Disc yang saya temukan. Penginstalan yang mudah dan tidak memakan hard drive terlalu besar, membuat program ini patut untuk dicoba.

  • Yang kedua dengan membuat folder autorun.inf di flashdisk :
Cara nya:
1. Buatlah sebuah folder dalam flashdisk anda, dan berikan nama “autorun.inf” (tanpa tanda kutip).
2. Masuk kedalam folder yang baru saja anda buat tersebut dan buatlah sebuah dokumen notepad didalamnya. Caranya klik kanan, pilih NEW > TEXT DOCUMENT, dan berikan sembarang nama untuk file yang baru saja anda buat (hasil akhirnya seperti pada gambar). Nama ini nantinya akan kita ganti dengan beberapa karakter khusus.
3. Setelah itu, kita akan membuka program CHARACTER MAP yang ada di START > ALL PROGRAMS > ACCESORIES > SYSTEM TOOLS > CHARACTER MAP.
4. Setelah CHARACTER MAP terbuka, pilih font yang ada  unicode seperti Arial Unicode atau Lucida Sans Unicode. Scroll kebawah sampai anda melihat huruf2 Jepang, Korea,Cina, atau karakter2 aneh.
5. Pilih 4 atau 5 karakter yang anda inginkan, trus klik copy.
6. Ubah nama atau rename file teks yang telah anda buat pada langkah 2 diatas. Klik kanan pada file tersebut, pilih rename, selanjutnya tekan [CTRL] + [V]. Nama file pun berubah.
7. Selesai...

Selamat mencoba...